20 Jul 2013

Jerinx SID: Kami Ingin Pendengar Menjadi Cerdas

Di sela-sela kunjungannya ke markas KapanLagi.com®, di kawasan kuningan Jakarta Selatan, Kamis (18/7), pentolan sekaligus drummer Superman is Dead, Jerinx memberikan bocoran album barunya yang rencana dirilis bulan Oktober mendatang.

"Rencananya setelah single Jadilah Legenda ini, kami akan mengeluarkan satu lagi singel terbaru kami, baru deh bulan Oktober nanti kami luncurkan lengkap satu album full," papar Jerinx.
 
Jerinx lantas menjelaskan bahwa Superman Is Dead akan mencoba beberapa terobosan. "Kita sadar bahwa kita memang tak muda lagi tapi, bukan berarti kita uzur. Kita tidak mau bermain dengan hal yang itu itu saja," sebutnya.

"Lewat album terbaru nanti, kita mencoba hal-hal baru, ada sisi edukasi yang kami bawa, sebab kami juga ingin fans kami, pendengar kami menjadi cerdas. Jadi nggak melulu soal terhibur," tambahnya lagi.

Jerinx tidak menutup kemungkinan bakal ada eksplorasi genre di album barunya nanti. Ia mengaku ingin menciptakan sesuatu yang lebih besar.

"Setiap lagu yang ada di album terbaru kami nanti lebih dari sekedar genre, kami ingin berbuat sesuatu yang lebih besar, yang bisa masuk ke berbagai elemen" cetusnya.

"Sebab kalau kami berbuat hanya di kotak genre tertentu saja, maka apa yang akan kami sampaikan hanya akan didengar di dalam kotak tersebut. SID tidak begitu, jadi tunggu bulan Oktober yah. Ada banyak kejutan dari SID," tutup Jerinx

Sumber: KapanLagi.com 

18 Jul 2013

Rahasia di Balik Lagu SID - MENUJU TEMARAM


 
Menuju Temaram. Kilas sebuah lagu
Nilai Religiusitas Pada Lirik Lagu “Menuju Temaram” Cipt. Gede Ari Astina

Menuju temaram merupakan sebuah judul yang sangat dalam makna juga tinggi nilai estetiknya. Disini dapat diartikan ‘menuju’ secara logis diartikan ‘mengarah ke’. Temaram digunakan
Temaram adalah sebuah simbol dimana suatu keadaan atau suasana dikala siang akan berganti malam, atau suasana disaat matahari akan tenggelam di ufuk barat dan akan datang gelap, keadaan seperti ini sering disebut orang awam adalah senja. Sering juga kata ‘senja’ dewasa ini dikaitkan dengan umur manusia, misalnya “orang itu berumur senja”, artinya orang itu telah berumur tua, atau mungkin hampir meninggal dunia.
Jika kedua kata tersebut digabungkan menjadi sebuah judul “Menuju Temaram”. Dapat disimpulkan bahwa si pengarang lagu ini ingin menyampaikan dan menggambarkan keadaan sosok manusia yang menjelang ‘hilang’, ataupun sesaat ketika kematian atau ajal menjemput. Dalam istilah orang muslim keadaan ini disebut sakarotull maut.
Langsung saja perhatikan lirik pada bait pertama lagu Menuju Temaram ciptaan dari Gede Ari Astina atau yang akrab disebut Jerinx.
"Lorong sunyi tembok putih, selimut yang terlipat rapi...
Jejak langkah nan kian mendekat, inilah saatnya..."

Pada lirik di atas, digambarkan sebuah ruangan atau tempat dimana dengan warna cat tembok putih dan memiliki sebuah lorong dengan suasana sunyi atau tidak ramai atau juga tenang. Juga terdapat selimut yang terlipat rapi, secara logika selimut yang sudah terlipat rapi bisa juga habis digunakan kemudian dilipat lagi, bisa juga belum dipakai karena masih terlipat rapi. Untuk mengetahui apakah selimut itu sudah dipakai atau belum dapat dijelaskan pada baris kedua lirik di atas. Baris kedua digambarkan ada seseorang yang telah mendengar jejak langkah yang semakin mendekat, berarti terdapat seorang yang berada di ruangan tersebut. Dari situ disimpulkan bahwa selimut itu sehabis dipakai oleh orang yang mendengar jejak langkah kaki yang semakin mendekat kemudian selimut itu sudah tidak dipakai dan dilipat rapi. Dari simbol-simbol di atas seperti lorong sunyi, tembok putih, selimut terlipat rapi dapat digaris bawahi bahwa latar yang terjadi pada sebuah rumah sakit.

‘Inilah saatnya’, kata tersebut mungkin disimbolkan oleh Jerinx untuk menggambarkan bahwa orang yang di dalam ruangan itu ingin segera berpamitan kepada seseorang yang akan datang itu, seseorang yang belum terlihat tetapi sudah terdengar jejak langkahnya yang semakin mendekat. Mungkin si tokoh yang digambarkan Jerinx dalam lirik ini sudah merasa bahwa ajal sebentar lagi menjemputnya dan ia ingin berpamitan atau sekedar meminta maaf kepada seseorang yang akan datang dari lorong rumah sakit tersebut.

"Kumenanti yang tercinta, cabut jarum dari nadiku
Semerbak mawar yang menghitam, jatuh dan terpendam"

Si tokoh yang menjelang kematiannya berharap bahwa suara langkah yang semakin dekat itu adalah orang yang sangat dicintainya. ‘Cabut jarum dari nadiku’ dapat diartikan infus yang tertancap di pergelangan tangan tokoh itu. Atau juga dapat diartikan begitu sakitnya, karena nadi tertancap sebuah jarum.

Si tokoh yang menjelang kematiannya berharap ia ingin bertemu untuk yang terakhir kalinya dengan seseorang yang sangat dicintainya, ia juga merasakan betapa sakitnya ketika hampir tiada, dan ia ingin menyudahi kesakitannya itu ditangan atau dipangkuan kekasihnya (orang yang sangat dicintainya). “Semerbak mawar yang menghitam” diartikan bunga mawar yang dahulu semerbak, indah, segar ketika masih merah, sekarang sudah layu atau mati karena tlah berganti warna menjadi hitam yang kemudian berjatuhan di tanah, lalu tertimbun lapisan-lapisan tanah, lama kelamaan akan hancur lebur dalam tanah.

Jika diartikan ataupun simbol itu diterapkan kepada tokoh, tokoh tersebut benar-benar sudah mulai layu atau merasakan kematiannya, ia juga sadar tak lama lagi ia akan segera dipendam dalam tanah, sama sepeti halnya mawar yang layu, kemudian berjatuhan dan akhirnya akan melebur dengan tanah.

"Oh sudah maafkanlah hati ini,
Sejuta mimpi yang tertunda..."

Si tokoh bertanya-tanya, apakah semua orang sudah memaafkan dirinya atas apa yang ia lakukan di dunia?, dan ia berharap semua orang agar memaafkannya karena ia sudah tak sanggup untuk meminta maaf kepada orang-orang yang pernah disakitinya. Si tokoh juga masih mempunyai banyak impian yang belum ia capai semasa di dunia. Tetapi apa boleh buat, dengan kematian yang menimpa dirinya, ia belum sempat untuk meminta maaf kepada orang-orang yang telah disakitinya, dengan terpaksa ia juga
harus meninggalkan impian-impiannya.

"Tangan kecil bidadari, lembutnya menyentuh pipiku
Temaram senja yang menghadang rapuh ku menghilang"

Si tokoh yang telah meninggal merasakan ada suatu belaian tangan dengan ukuran kecil yang sangat halus, mesra, lembut menempel di pipinya. ‘Tangan kecil bidadari’, sepertinya Jerinx ingin menyampaikan tangan siapa yang membelai pipi tokoh itu dengan simbol ‘tangan kecil’ ‘bidadari’. Berdasarkan simbol itu disimpulkan bahwa yang membelai tokoh tersebut adalah anak perempuan dari si tokoh yang masih kecil, karena dapat dirasakannya ukuran tangan yang kecil. Kenapa anaknya perempuan?. Karena simbol dari ‘bidadari’. Si tokoh yang telah meninggal tersebut mendapat belaian dari anak perempuannya yang masih kecil dengan mesra, halus, lembut, mungkin belaian itu yang terakhir ia dapatkan dari anaknya.

‘Senja’ digambarkan matahari akan tenggelam dan akan datang malam yang gelap. Kematian si tokoh itu pada saat suasana senja, ia merasa sangat rapuh dalam kematiannya, dan seketika merasa ia sudah berada di alam lain yang serba gelap, tidak lagi berada di alam bumi. Ia merasa lama semakin lama semakin gelap di alam itu, si tokoh yang sangat rapuh tidak bisa apa-apa, ia hanya bisa melihat gelap yang mengelilingi di sekitar.

"Oh Tuhan maafkanlah dosa ini,
Yang tak semewangi berdiri..."

Pengampunan, makna dari penggaalan lirik di atas bisa juga diartikan seperti demikian. Si tokoh terlihat sangat menyesal atas dosa-dosa yang ia perbuat semasa masih hidup. Jika ia tahu akan datang kematian, mungkin ia akan selalu berbuat baik sebelumnya, sebelum meninggal, disimbolkan dengan ‘semewangi berdiri’. Yang ia harapkan sekarang hanyalah pengampunan, pengampunan dari Tuhan atas segala dosa-dosa yang ia perbuat sewaktu masih hidup.

"Ku dengar malaikat bernyanyi, nyanyikan lagu tentang mimpi,
Mimpi indah yang ku tinggalkan kini..."

Surga adalah impian bagi setiap manusia. Di alam kubur, si tokoh mendengar malaikat bernyanyi. Malaikat yang bernyanyi disini digambarkan sesuatu yang baik, seperti suatu amal-amal kebaikan, tindakan-tindakan baik, dan sebagai hadiah dari perbuatan baik itu adalah surga, yang menurut si tokoh itu hanyalah sebuah mimpi saja. Karena semasa hidup si tokoh sering berbuat jahat, berbuat dosa. Ya, namanya saja manusia pasti pernah melakukan perbuatan jahat dan dosa. Tetapi kini keinginan si tokoh untuk menambah perbuatan baik sudah musnah, yang tersisa hanyalah perhitungan seberapa banyak si tokoh berbuat baik dan seberapa banyak si tokoh berbuat buruk semasa hidupnya. Ia juga tak bisa menambah lagi perbuatan baiknya agar dalam perhitungan itu lebih berat perbuatan baiknya. Semua impiannya sudah musnah, dan perhitungan baik buruk sudah dimulai. Yang ia lakukan hanyalah pasrah, mudah-mudahan amal/perbuatan baiknya lebih berat, sehingga ia dapat masuk surga. Seperti yang telah disebutkan diatas ‘malaikat yang bernyanyi’ bahwasanya jika amal/kebaikan lebih berat akan dihadiahi surga oleh Tuhan.

"Sebut namaKu skali saja, ku kan slalu ada di sana
Di sisiKu kau kan kujaga selama-lamanya...."

Mungkin lewat penggalan lirik di atas Jerinx ingin menggambarkan sosok Tuhan, jikalau manusia selalu menyebut nama Tuhan, maka Tuhan selalu melindunginya dimanapun manusia berada. Tuhan juga akan melindungi dan menjaga umatnya selama-lamanya.

Rahasia di Balik Lagu SID - MEMORIES OF ROSE



"MEMORIES OF ROSE: SEBUAH ESAI LAGU ROCK ROMANTIS"

Judul : Memories of Rose
Band : Superman Is Dead
Genre : Punk Rock, Flamenco, Ethnic.
Album : Angels and the Outsiders
Tahun : 2009

Pertama kali kita mendengar nama band Superman Is Dead alias SID pasti yang terbayangkan adalah lagu dari band musik punk rock keras dengan distorsi gitar dan ketukan drum bertempo cepat dengan vokal serak ditambah lirik berisikan sex, rock’n roll, drugs ala punk’n roller. Anda salah kali ini, tidak untuk lagu ini - suatu perkecualian.

Dibuka dengan alulan terompet ala matador/koboi bernuansa Latin (ibu saya malah mengatakan bahwa musiknya mirip musik pembuka berita malam di TVRI tempo dulu – Wah?), disusul genjrengan gitarflamenco ala padang pasir Amerika, kita seakan dibawa memasuki alam pertarungan penentuan hidup-mati dan romantika para koboi. Begitulah trio SID – Bobby Kool, Jrx, dan Eka Rock - mengolah notasi musik Memories of Rose. Begitu romantis dan herois tanpa meninggalkan nuansa ballad rock nan maskulin sehingga tidak terasa cengeng, apalagi ditambah suara sampling terompet dan gitar akustik dari para additional player.

Lagu ini bercerita tentang romantika seseorang, digambarkan sebagai seorang koboi di padang sunyi yang sedang menunggu kedatangan kekasihnya. Jarak yang memisahkan membuat ia memikirkan masa lalunya yang senantiasa penuh liku-liku dan bahaya. Meskipun demikian, akhirnya ia berharap dapat bersama kekasihnya sepanjang usianya. Ya. Begitulah secara garis besar menurut penafsiran saya (Anda dapat menginterspretasikan melalui sendiri lirik asli beserta terjemahan yang telah saya lampirkan) Lirik yang begitu romantis, puitis, herois, dan melodis, seperti halnya lirik Lady Rose dari album Black Market Love (sama-sama memakai kata ‘Rose’). Atau, Anda dapat membandingkannya dengan lagu Kings, Queens, and Poison dalam album The Hangover Decade. Suara sang vokalis – Bobby Kool yang terdengar sendu dan menyayat seperti orang menangis - tetapi tetap menampilkan kesan gahar dan machismo. Begitulah bila seorang rocker menyampaikan ekspresi kesedihannya secara mendalam.

Setting dalam lagu ini tampakanya berada di alam gurun pasir perbatasan Amerika Serikat-Meksiko -- yang amat kental dengan nuansa musikal latin-flamenco-nya. Yang menarik adalah pada bagian interlude, genjrengan dan petikan gitar flamenco diselingi suara sampling angin gurun pada malam hari, untuk memperkuat suasana. Lalu setelahnya, pada bagian I gave up all the poison for you dst, suara strumming gitar menjadi berdistorsi seperti suara peluru kendali yang mengudara, diakhiri suara genjrengan gitar berdistorsi kasar – Duar! Sebuah ledakan keras menhantam!

Sangat disayangkan lagu ini tidak dibuat dalam versi klip video. Selain itu, lagu ini jarang ditampilkan secara live.

Akhirnya, dengarlah lagu ini sambil berseragam ala koboi: revolver di tangan kiri dan tequila di tangan kanan!.

MEMORIES OF ROSE

I think about the end of the world
I’m thinking about you
All the struggle we had in the past
Blood and tears, my love
How could I forget?

(Kubayangkan tentang akhir dunia ini
Kupikirkan tentangmu
Segala pertempuran kita tlah lalui di masa silam
Darah dan air mata, sayang
Bagaimana kudapat lupakan?)

In sorrow now since we fell apart
A million miles away
Still I put my faith on the high sky
Everlasting pain
How can I escape?

(Dalam kepedihan ini kita terpisah
Berjuta mil jauhnya
Tapi masih kugantungkan asaku pada tingginya langit
Derita tiada akhir,
Bagaimana ku dapat lepaskan?)

Don’t go, don’t go away
Stay with me here in these lullabies
Darling, it won’t be long
Till we find our a way back home again

(Usah kau pergi, usah kau, pergi sayang
Tetaplah disini, dalam alunan pengantar lelap ini
Sayang, ini tak akan lama
Hingga kita temukan jalan tuk bisa bertemu lagi)

I think about the evil ways I have been
The self-destruction years
I disrespect myself and the world
Chased by ghost of lust
Kill the love ones down

(Kurenungkan tentang jalan kejam yang pernah kulalui
Pada tahun-tahun penghancuran diriku
Kulari dari kehidupan dari dunia luar sana
Terhantu nafsu, bunuh cintaku)

At night when the shadow falls
Wish I'm there just right there
Close by your side!
This lonesome dream
I’m haunted by
The memories of a rose

(Dalam malam kelam penuh bayangan
Kuharap kuada di sana, dekatmu
Dan dalam mimpi, di kesendirian ini
Kuterhantu
Kenangan sekuntum mawar)

I gave up all the poison for you
Gave up the wildest dreams
And in the end I’ll grow old with you
Only you my love
Burn the fire burns

(Kuhentikan semua racun yang tlah kuberikan
Dan kuakhiri mimpi-mimpi terliarku
Hingga akhirnya ku kan menua bersamamu
Hanya kau lah cintaku
Biarlah cinta ini tetap menyala)


Sumber :  Perkumpulan outSIDers&ladyrose seluruh indonesia

Menelanjangi Lirik Lagu Superman Is Dead "PULANG"

 
Menelanjangi memiliki makna berarti membuka, membuka apa saja, hal-hal yang dianggap tersembunyi dan dibuka apa dibalik sesuatu yang perlu ditelanjangi itu. Lagu yang berjudul ‘pulang’ merupakan karya dari band beraliran Punk yang bernama Superman Is Dead atau biasa disingkat SID. SID adalah band yang berasal dari pulau Bali, band ini beraliran musik punk. Musik Punk dipilih oleh Superman Is Dead karena ciri khas dari musik Punk adalah berkarakter keras cenderung kasar dan semangat, serta lirik-lirik lagunya adalah bercerita tentang sosial, kritik pada orang berkuasa, persahabatan dan tentunya solidaritas. Di dalam buku Apresiasi Musik Populer dijelaskan sedikit tentang genre Punk bahwa“Punk, istilah ini sebenarnya berarti “sampah”(barang tidak penting, tidak berharga). Dari segi musik dan ekspresinya agak sulit. Dengan kata lain, terdapat suatu landasan yang khas sekaligus sangat kondusif untuk sebuah gerakan sub-kultur yang hakekatnya bersifat “keras”dan anti “…”.”( Mack, 1995: 37). Komunitas punk sering diartikan sebagai segerombolan anak muda yang beridealisme sebagai kaum marjinal atau terpinggirkan dan anti kemapanan. Karena hal tersebut membuat band yang terdiri dari Eka Rock (bassist dan vocal), Bobby Cool (Guitarist dan Vokal) dan JRX (Drummer dan vocal) memilih mengusung genre Punk pada bandnya. Ciri jelas komunitas punk terlihat dari cara berpakaian yang seadanya, hidup di jalanan dan identik dengan minum-minuman keras. Selain itu punk juga berpedoman pada anti ketuhanan sehingga cara hidup bebas dan tetapi patut diacungi jempol adalah rasa solidaritas tinggi antar sesama pungkers. Di Indonesia ada berbagai macam band yang beraliran Punk antara lain ada Superman Is Dead, Endank Soekamti, Netral dan masih banyak lagi.

Lagu yang berjudul ‘pulang’ merupakakan lagu yang ada di album ke 5 SID yang berjudul angels dan the outsiders. Lagu tersebut merupakan ciptaan dari sang drummer yaitu JRX yang diciptakan pada tahun 2009. Lagu pulang secara garis besar menceritakan kegelisahan seseorang ditempat yang jauh dari tempat tinggalnya, tetapi tidak merasakan kenikmatan hidu dan tidak sebahagia saat ditempat asalnya. Lalu seseorang itu merasakan jenuh dan ingin pulang, karena dimanapun dia berada tempat paling nyaman adalah di tempat tinggalnya dulu

ANALISA LAGU PULANG KARYA SUPERMAN IS DEAD

Untuk membedah makna yang terkandung dalam lagu pulang dari superman is dead, dan apakah lagu pulang tersebut masuk dalam sembilan katagori aksidensi dalam ilmu estetika. Maka setelah melihat lirik lagu pulang, untuk mengetahui apa isi dari teks lagu tersebut ada hal yang perlu diperhatikan yaitu mengenai aspek musikal lagu tersebut dan aspek verbal lirik lagu tersebut.

A. Aspek tekstual (verbal) dalam lagu ‘pulang’ Karya Superman Is Dead

Mengenai aspek tekstual, lagu dan lirik mempunyai keterkaitan yang tidak dapat berdiri sendiri dan keduanya saling menyesuaikan. Dengan kata lain, lagu adalah teks yang dilisankan dengan unsur musikal (Kustap, 2008:3). Menurut paparan di atas, apabila penciptaan lagu dikaitkan dengan persoalan tekstual melalui liriknya (di samping unsur musikalnya), maka timbulah nilai-nilai/idiom pemikiran kritis dan perasaan dari hati yang terdalam penulis di dalam lirik lagu Pulang.

Pada dasarnya lagu pulang mempunyai bentuk yang sederhana, mudah dihafal walau ada sedikit kata yang susah dimengerti apa yang dimaksud si pencipta. Berikut analisa dari aspek tekstual.

di tempat ini ku bermain
di ruang ini di halaman ini
dan di tempat ini ku berdiri akhiran suku kata yang sama / pola A-A-A-A
di alam ini gelap bumi ini

sedikit berbeda di bati kedua, jika dibuat berpola maka kaliamat lagu dalam bait kedua berbentuk pola A-A-B-B seperti berikut

kepengatan dengan penuh kemarahan ………………..…………(A)
hanya tangis dan penuh harapan………………………….…..(A)
bahagia yang ku harap datang …………………………………………….(B)
yang tak pernah datang dan tak mungkin datang …………………………..(B)

Memakai pola A-A-B-B juga sama halnya dengan pada bagian reff lagu pulang juga memakai pola A-A-B-B, seperti berikut

dan ku ingin pulang ………………………………………………………………………………. (A)
dengan cahaya yang benderang……………………………………………………………….. (A)
dan kebebasan yang sempurna …………………………………………………………………. (B)
kan ku tinggalkan tempat yang telah ku singgah selamanya………………………………(B)

lalu dibait ke 4, sama dengan bait pertama yaitu dalam satu bait semua berakhiran suku kata sama. Hal ini bisa sama karena akord pada bait ini sama.

di malam yang sesunyi ini
malaikat bernyanyi iblis pun menari Berakhiran suku kata yang sama / pola A-A-A-A
tak ada tempat yang seperti ini
kebenaran hakiki yang tak ada pasti

Kemudian, pada bait kelima yaitu setelah reff sebelum ke melodi , ditemui hal sama yaitu kalimat lagu dalam bait kelima berpola A-A-A-A

ku bertahan di tempat ini
malaikat malaikat temani hati ini Berakhiran suku kata yang sama /pola A-A-A-A yang sunyi aku bernyanyi

setitik harapan yang sudah ku dapati

Lagu pulang terdiri dari 5 bait lagu , tetapi disajikan ada beberapa bait lagu tersebut diulang. Setiap bait lagu terdapat 4 baris kalimat lagu yang ternyata pencipta lagu memiliki kecendrungan memilih suku kata akhir dalam setiap akhir baris kalimat lagu itu sama. Mengenai hal ini, penulis berasumsi bahwa pencipta sengaja membuat kalimat dengan akhiran yang hampir semua sama agar mempermudah pendengar agar lebih cepat hafal dan nyaman didengar dengan menyamakan akhir suku kata.

B. Analisis Semiotika Lagu ‘pulang’ Karya Superman Is Dead

Pada dasarnya lirik lagu mengandung pesan dan makna yang ingin disampaikan oleh penciptanya kepada audien atau penikmat musik. Pesan ini dapat berupa curahan isi hati atau aspirasi terkait situasi tertentu. Artinya lirik lagu yang dikemas bersama musik tidak lagi menjadi media hiburan saja tetapi tetapi juga bisa digunakan sebagai media menyalurkan aspirasi individu, kelompok ataupun masyarakat luas. Melihat dari kekuatan yang dimiliki sebagai alat untuk menyampaikan pesan secara efektif, musik juga sebagai bentuk ungkapan perasaan hati yang bisa disampaikan melalui lirik lagu. Mengenai hal tersebut juga sama pada lirik lagu pulang yang dikemas dalam musik punk.
Menurut Slaboda (Djohan, 2003:7) perasaan manusia terikat dengan bentuk musik, karena terdapat konsistensi dalam merespon musik dan secara relatif memberikan cerminan pada lingkungan yang sama. Hal ini terlihat dari lirik lagu pulang yang merupakan bentuk rasa kegelisahan si pencipta ditempat yang bukan tempat aslinya. Hal ini yang menimbulkan keinginan pencipta menyuarakan kegelisahannya.

Model analisis semiotika mencakup teori kode dan teori produksi tanda yang akan menjelaskan rentang fenomena yang sangat luas. Beberapa contoh yang dapat diteliti menggunakan teori semiotika adalah pemakaian bahasa secara umum, komunikasi estetis,heuristik, tindakan komunikasi interaksional, pemakaian tanda untuk menyebut sesuatu hingga keadaan dunia (Umberto Eco, 2009:1). Teknik analisis semiotika secara singkat dapat didefinisikan sebagai cara atau metode untuk menganalisis dan memberikan makna terhadap lambang yang terdapat satu paket antara lambang, pesan dan teks (Pawito, 2007:155).Semiotika Dilihat dari segi penafsiran semiotik, pembacaan heuristik lagu pulang adalah sebagai berikut

Bait 1

di tempat ini ku bermain (daerah dimana dia tinggal saat ini dan melakukan aktivitas sehari-hari)
di ruang ini di halaman ini (pada sebuah rumah dimana dia tinggal saat ini)
dan di tempat ini ku berdiri (saat dimana saat sekarang ini tempat ia tinggal jauh dari tempat asal)
di alam ini gelap bumi ini (dia merasa suasana tidak menyenangkan, yang ada hanya hal-hal negatif)

Bait 2

kepengatan dengan penuh kemarahan (Jenuh dan bosan karena kehidupan disini hanya memperburuk keadaan sampai-sampai hanya membuat emosi dan tidak nyaman)
hanya tangis dan penuh harapan (kesedihan datang dan hanya berdoa kebaikan dan keadaan yang baik akan datang)
bahagia yang ku harap datang (Hanya menunggu dan berharap kebahagiaan suaatu saat akan datang padanya ditempat asing ini)
yang tak pernah datang dan tak mungkin datang (Sejatinya kebahagiaan dan kenyamanan itu tidak mungkin ada ditempat dia berada saat ini)

Bait 3 Reff

dan ku ingin pulang (Yang ada hanya keinginan untuk pulang ke kampung halaman)
dengan cahaya yang benderang (membawa rasa optimis bahwa sesampai di tempat asalnya dia mendapati hidup yang lebih baik)
dan kebebasan yang sempurna (Lepas dari kekangan dan kesibukan dan menjadi pribadi yang bebas)
kan ku tinggalkan tempat yang telah ku singgah selamanya (Meninggalkan tempat saat ini dia datangi dan tidak akan pernah lagi untuk mendatanginya)

Penantian…. (Menunggu hari dimana akan pulang ketempat asal)

Bait 4

di malam yang sesunyi ini (suatu malam saat dia hanya sendiri ditempat asing baginya)
malaikat bernyanyi iblis pun menari ( di dalam hati perasaan berkecamuk cemas diibaratkan malaikat bernyanyi dan iblis menari menuntun )
tak ada tempat yang seperti ini (Tidak ada tempat seburuk ini, tempat yang dia tempati sekarang ini)
kebenaran hakiki yang tak ada pasti (dan memang benar bahwa semua anggapan tempat yang dia tempati sekarang ini memang membuat dampak buruk)

Bait 5

ku bertahan di tempat ini (ditempat dia berada ditempat asing ini selama ini terus menahan ketidak nyamanan)
malaikat malaikat temani hati ini (sudah tak ada lagi manusia yang menemani ditempat dia sekarang berharap dan berkhayal ada malaikat yang mau datang dan menyenangkan hati)

yang sunyi aku bernyanyi (didalam kesunyian hanya bisa bernyanyi)

setitik harapan yang sudah ku dapati (mengharapkan keajaiban datang untuk memebawanya pulang untuk kehidupan yang lebih baik.)

Dalam semiotikus musik, adanya tanda-tanda perantara, yakni musik yang dicatat dalam partitur orkestra merupakan jalan keluar. Sistem tanda pada musik adalah Oditif. Untuk mencapai pendengaranya, penggubah musik mempersembahkan kreasinya dengan perantara pemain musik dalam bentuk tanda tertulis menjadi visual (Alex Sobur, 2004:144). Musik selalu memiliki simbol yang dikemas sedemikian rupa hingga menjadi media penyampai pesan yang efektif bagi masyarakat. Pesan yang terkandung dalam musik beragam, pesan tentang cinta, kerinduan hingga pesan perjuangan yang mengandung aspirasi tertentu demi perubahan.

Dari asumsi dan ditambah teori diatas saya menjelaskan arti lirik lagu pulang dengan analisis semiotika dapat saya simpulkan bahwa lagu tersebut adalah sebuah curahan hati si pencipta, apa yang dirasakan saat ditempat asing baginya.sebuah perasaan jenuh dan membosankan. Harapan untuk kehidupan yang lebih baik selalu ada menjadi harapan yang ingin segera tercapai. Dugaan penulis semakin benar setelah melihat demo video klip lagu pulang ditayangkan di web nya (supermanisdead.net). di dalam video tersebut menceritakan band superman is dead melakukan tour konser di Amerika. Perlakuan dan culture yang berbeda dengan di Indonesia membuat mereka bosan dan jenuh dengan keadaan yang berbeda. Hal itu yang membuat mereka berpikir untuk pulang ke indonesia. Dimanapun tempat yang disinggahi, tempat paling nyaman adalah rumah atau tempat asal mereka berada.

C. Aspek Musikal lagu pulang karya Superman Is Dead

Secara musikal lagu pulang merupakan lagu yang bergenre punk. Punk merupakan sub-budaya yang lahir di London, Inggris. Punk juga dapat berarti jenis musik atau genre yang lahir di awal tahun 1970-an. Aliran musik ini bisa berarti ideologi hidup yang mencakup aspek sosial dan politik. Gerakan anak muda ini diawali oleh anak-anak kelas pekerja di Inggris yang dengan segera merambah Amerika yang mengalami masalah ekonomi dan keuangan yang dipicu oleh kemerosotan moral oleh para tokoh politik yang memicu tingkat pengangguran dan kriminalitas yang tinggi.[1] Punk berusaha menyindir para penguasa dengan caranya sendiri melalui lagu-lagu dengan musik dan lirik yang sederhana namun kadang-kadang kasar, beat yang cepat dan menghentak.

Punk, pada awal kemunculannya di Inggris, merupakan reaksi protes atas ketidakberesan sistem dan pemerintahan yang kapitalis. Mereka menganggap bahwa pemerintahan yang ada adalah penindas yang memaksakan kehendak pada rakyatnya. Oleh karena itu, punk menginginkan terbentuknya tatanan masyarakat tanpa negara, dimana aturan dalam masyarakat ditentukan oleh kesepakatan-kesepakatan komunal saja. Ia merupakan suatu fenomena budaya “alternatif” yang berusaha membangun sebuah wadah yang dapat menampung segala aktivitas dan ekspresi dalam rangka mencari jati diri, sekaligus sebagai media perlawanan terhadap berbagai aturan dan norma-norma yang berlaku di masyarakat.

Superman Is dead adalah salah satu kiblat musik punk di Indonesia.Musik punk bercirikan melodi-melodi distorsi, gebukan drum yang cepat dan lirik lagu yang kritis dan terkesan penuh makna. Ciri lain dari musik punk adalah pada akord-akord lagunya mudah dipahami tidak seperti musik jazz atau blues. Selain itu alunan-alunan melodi sangat simple tidak serumit genre lainya, tapi tetap gagah dan anggun.

Berikut adalah akord lagu pulang karya Superman Is Dead

[Intro] E5 E5
A5 E5
B5 C5 B5 A5
B5 C5 B5 D5
A5

C5
di tempat ini ku bermain
E5
di ruang ini di halaman ini
C5
dan di tempat ini ku berdiri
E5
di alam ini gelap bumi ini

A5 F5
kepengatan dengan penuh kemarahan
C5 G5
hanya tangis dan penuh harapan
A5 F5
bahagia yang ku harap datang
C5
yang pernah datang
G5
dan tak mungkin datang

[chorus]
F5
dan ku ingin pulang
C5
dengan cahaya yang benderang
F5
dan kebebasan yang sempurna
D5 G5
kan ku tinggalkan tempat yang telah ku singgah selamanya
C5 D5
penantian…

[intro] E5

C5
di malam yang sesunyi ini
E5
malaikat bernyanyi iblis pun menari
C5
tak ada tempat yang seperti ini
E5
kebenaran hakiki yang tak ada pasti

A5 F5
kepengatan dengan penuh kemarahan
C5 G5
hanya tangis dan penuh harapan
A5 F5
bahagia yang ku harap datang
C5
yang pernah datang
G5
dan tak mungkin datang

[chorus]
F5
dan ku ingin pulang
C5
dengan cahaya yang benderang
F5
dan kebebasan yang sempurna
D5 G5
kan ku tinggalkan tempat yang telah ku singgah selamanya

C5 D5
ku bertahan di tempat ini
E5 F5 G5 C5
malaikat malaikat temani hati ini yang sunyi
D5 E5
aku bernyanyi setitik harapan
F5 G5 C5
yang sudah ku dapati

Dari data teks diatas bahwa lagu pulang merupakan lagu yang sengaja dibuat si pencipta dikemas dengan simple tapi tetap gagah. Lagu tersebut memiliki akord dasar mudah. Lagu pulang simple karena sifat punk yang musik simple tapi tetap memiliki lirik yang sarat akan makna.

Kesimpulan

Dari pembahasan-pembahasan yang sudah dijelaskan diatas, dapat dismpulkan berbagai hal senagai berikut.

Lagu dari Superman Is Dead berjudul pulang mengisahkan tentang sebuah curahan hati si pencipta, apa yang dirasakan saat ditempat asing baginya.sebuah perasaan jenuh dan membosankan. Harapan untuk kehidupan yang lebih baik selalu ada menjadi harapan yang ingin segera tercapai. Dugaan penulis semakin benar setelah melihat demo video klip lagu pulang ditayangkan di web nya (supermanisdead.net). di dalam video tersebut menceritakan band superman is dead melakukan tour konser di Amerika. Perlakuan dan culture yang berbeda dengan di Indonesia membuat mereka bosan dan jenuh dengan keadaan yang berbeda. Hal itu yang membuat mereka berpikir untuk pulang ke indonesia. Dimanapun tempat yang disinggahi, tempat paling nyaman adalah rumah atau tempat asal mereka berada.

Si pencipta menciptakan lagu pulang ternyata memiliki kecendrungan mengunakan suku kata yang berakhiran sama pada akhir tiap kalimat . Hal ini terjadi karena pencipta juga memikirkan persoalan diterima atau tidaknya lagu ini. Maka dari itu pencipta membuat untuk mempermudah penikmat lagu bisa dengan cepat menghafal dan mengerti maksud lagu tersebut.

Dari segi musikal lagu pulang menggunkan akord aakord sederhana dan tidak rumit. Hal ini memang menjadi pakem musik punk bahwa punk memiliki ciri musik yang simple tetapi muatan lirik nya kritis dan ada pesan yang ingin disampaikan.

Dari segi lagu pulang dalam katagori aksidensi dalam ilmu estetika ada hal-hal yang terkandung dari ciri-ciri aksidensi yang disebutkan diatas. Kemudian pada dasarnya lagu adalah bagian musik, bagian dari si pencipta nya. Makna dan arti lagu yang ingin ditimbulkan oleh si pencipta adalah sebuah hasil karya ada luhung yang diciptakan tanpa makna

Rahasia di Balik Lagu SID - Jika Kami Bersama



Jika Kami Bersama
Artist : Superman Is Dead

Jika Kami bersama, nyalakan tanda bahaya

penjelasan:
kata "kami" disini menurut gw merajuk pada Perusahaan Label2 musik besar dan SID itu sendiri, mengapa harus nyalakan tanda bahaya ? mungkin karena SID tidak ingin terbawa arus oleh musik2 indonesia yg "dikuasai & di atur" oleh Label, kalau kita perhatikan secara seksama sebagian besar band di Indonesia bertema sama, ber aliran sama, style yang sama, atau mungkin bahkan mempunyai bapak ibu yang sama

Atau secara gampangnya adalah mereka tidak ingin musik mereka terikat & di atur oleh Major Label !

Jika kami berpesta, hening akan terpecah..
penjelasan:
para pendengar mungkin akan kaget jika SID beraliran pop melayu seperti kebanyakan band lainnya

Aku, dia dan mereka memang gila memang beda,,
penjelasan:
Aku, dia dan mereka disini merajuk pada band2 lain yang berpikiran sama dengan SID, yang mana tidak ingin musik mereka di atur oleh Major Label. Mereka ingin beda dari yang lain !!!

Tak perlu berpura-pura,, memang begini adanya..
penjelasan:
yah, gak perlu berpura2. . .memang begitulah mereka

Dan kami di sini,,, akan terus bernyanyi…
penjelasan:
SID akan terus bernyanyi walaupun sedikit orang yang mendengar musik mereka yang memang beda

Dan jika kami bersama nyalakan tanda bahaya..
Musik akan menghentak.. anda akan tersentak!!

Dan kami tahu anda bosan dijejali rasa yang sama
penjelasan:
SID udah paham banget, klo kita pasti bosan dengan musik2 Indonesia yang gitu gitu aja

Kami adalah kamu,, muda, beda dan berbahaya..
penjelasan:
SID ingin menekankan bahwa musik merekapun pasti dapat di terima di masyarakat luas meskipun tidak di gandeng oleh Major Label

( Ini lagunya you’re ready.. )

Lepaskan semua belenggu yang melingkari hidupmu
penjelasan:
Jangan mau di atur ama LABEL !!

berdiri tegak menantang di sana di garis depan..

aku berteriak lantang untuk jiwa yang hilang..
untuk mereka yang selalu tersingkirkan..
ketika tiada beban lagi untuk berlari,.
Ketika tiada orang yang akan peduli
Aku dan dia selalu menunggumu di sini..
angkat sekali lagi..
penjelasan:
SID berseru kepada band yang satu pikiran dengan mereka untuk jangan tetap menyerah, teruslah berkarya ! sekalipun tidak ada satu orangpun yang peduli dengan musik kita

Dan kami di sini,,, akan terus bernyanyi.,..

Dan jika Jika Kami bersama nyalakan tanda bahaya..
musik akan menghentak.. anda akan tersentak!!
Aku, dia dan mereka memang gila memang beda,,
aku adalah kamu,, kita muda dan berbahaya..

Dan kami di sini,,, akan terus bernyanyi…

Dan jika Jika kami bersama nyalakan tanda bahaya..
musik akan menghentak.. anda akan tersentak
dan kami tahu anda bosan dijejali rasa yang sama
Kami adalah kamu,, muda beda dan berbahaya..

Dan jika Jika kami bersama nyalakan tanda bahaya..
musik akan menghentak.. anda akan tersentak!!
dan kami tahu anda bosan dijejali rasa yang sama
Kami adalah kamu,, muda beda dan berbahaya..

Kesimpulan :

SID ingin mengajak para band2 pendatang baru untuk jangan melulu bikin lagu yang gitu2 aja. Jangan sampai musik kita di atur oleh major label ! Jangan mau kebebasan kita ditekan oleh Label ! Jangan sampai berkarya atau bikin lagu dengan alasan biar cepet laku dan mengesampingkan kualitas musik itu sendiri !
  Sumber :  Perkumpulan outSIDers&ladyrose seluruh indonesia

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes