8 Apr 2014

Melawan Lupa ala Superman Is Dead

Kelamnya sejarah tanah air, tak membuat beberapa orang diam di zaman yang serba terbuka ini. Salah satunya adalah band rock asal Bali, Superman Is Dead yang menyuarakan menuntut keadilan dan melawan kesewenang-wenangan. Melalui  lagu Sunset Di Tanah Anarki, tergabung dalam album terbarunya, yang berjudul sama. SID-panggilan akrab Superman Is Dead mendedikasikan lagu tersebut untuk gerakan melawan lupa. Sebuah gerakan yang mengajak untuk selalu ingat terhadap pelanggaran HAM yang dilakukan pemerintah masa silam. Dalam video klipnya, SID seolah ingin menunjukkan semangat melawan lupa mereka dengan menyuguhkan adegan sekelompok orang sedang berdemo, dengan atribut ikat kepala yang mereka kenakan bertuliskan "Lawan!" sebuah kata populer melalui penyair yang hilang pada rezim orde baru, Wiji Thukul. Selain itu, atribut lain yang dikenakan dalam video klip tersebut antara lain sticker wajah Wiji Thukul, aktivis HAM yang terbunuh dalam pesawat Munir, dan pejuang buruh yang juga tewas misterius, Marsinah. Di bagian akhir video klip, terdapat testimoni yang disampaikan Sipon-istri Wiji Thukul, Suciwati Munir, dan Ilham Aidit.

SID memang band rock yang peduli terhadap lingkungan, sosial, dan pendidikan. Melalui gerakan Siu Ajak Liu, drummer band ini, JRX juga menggalang gerakan menyelenggarakan pendidikan bagi anak-anak di Bali. Selain itu, band ini juga mempelopori gerakan bersih pantai, para penggemarnya Outsiders dan LadyRose, sebutan fans SID di luar Bali pun turut melakukan gerakan ini.

Terakhir, SID sangat gencar menolak reklamasi teluk Benoa. Bergabung dengan gerakan Forbali, SID menekan Gubernur Bali untuk menghentikan rencana reklamasi. SID tak hanya bermain musik, akan tetapi secara nyata ikut peduli terhadap keadaan alam sekitar dan kondisi sosial di negeri kita. Saya pun berharap, akan ada suara "Lawan!" melalui mulut kita, melawan kesewenangan.


Baca yang ini Kawan

0 komentar

Posting Komentar

Berhubung saya jarang online jadi kalau ada yang kurang jelas silahkan kalian tanyakan ke FB saya www.facebook.com/MuriadiRebellion

Cancel Reply

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes